Skip to content

Crisis Center Universitas Jenderal Achmad Yani Adakan Pelayanan Kesehatan Gratis di Desa Binaan

Universitas Jenderal A. Yani – Pada hari Minggu tanggal 07 Agustus 2022, Crisis Center Unjani (CCU) berkolaborasi bersama Fakultas Kedokteran bersama-sama mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat Pengobatan Gratis serta Deteksi Dini Kecemasan dengan Metode Medis dan Psikologis Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Lingkungan Sekitar Mahasiswa dan Desa Pasirangin, Kec. Darangdan, Purwakarta. Dengan mengusung tema “Bersama-sama Menuju Hidup Sehat” serta pelayanan kesehatan yang diberikan yaitu, pengecekan kesehatan, pengobatan gratis, konsultasi dan deteksi dini kecemasan.  Kegiatan ini menjadi salah satu program dari Bidang Kesehatan CCU Movement Desa Mandiri.


Acara ini diselenggarakan di wilayah RT 27 Dusun 3, Desa Pasirangin, Kec. Darangdan, Purwakarta dengan tujuan untuk meningkatkan taraf kesehatan khususnya di wilayah RT 30 dan RT 27 Dusun 3. Hal ini pun sejalan dengan misi Universitas Jenderal Achmad Yani yaitu “Menyelenggarakan pengelolaan pendidikan, penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, serta pengabdian kepada masyarakat yang handal dan akuntabel serta mampu memenuhi tuntutan masyarakat pengguna jasa pendidikan tinggi.”
Jumlah personil yang terlibat dalam kegiatan ini sebanyak 50 personil yang terdiri dari relawan CCU yang didalamnya yaitu Prodi Keperawatan, Prodi Kebidanan, Prodi Farmasi, Prodi Psikologi, serta ditambah dengan Dokter dan Dokter Co-Ass dari Fakultas Kedokteran, yang dikoordinasi oleh Herizal Izzatur Rahman sebagai Koordinator CCU. Selain itu, pada kegiatan ini turut diikuti oleh dosen dan tim ahli CCU untuk mengawasi jalannya kegiatan diantaranya, Rina Sari, S.Psi., M.Psi., Psikolog, apt. Anggi Gumilar, M.Si, Dede Fera, S.Psi., MM, dan Bapak Harry Victor D., Drs., MPH.


Turut hadir pada acara ini yaitu Kepala Desa Pasirangin, perwakilan Kodim Purwakarta, Kepala Dusun 3, Pak Darwita selaku koordinator wilayah, dan tokoh masyaarakat lainnya. Acara dibuka dengan pemberian sambutan baik dari masing-masing perwakilan CCU dan juga Tokoh Masyarakat setempat. Jumlah masyarakat yang hadir dalam kegiatan pengobatan gratis sebanyak 120 masyarakat, dengan waktu pelayanan kesehatan dari pukul 10.00 sampai dengan 16.00 WIB.
Momentum ini pun dimanfaatkan dengan baik oleh Prodi Teknik Sipil untuk survei lokasi dan melihat situasi di wilayah desa binaan, dengan didampingi oleh Agustin Purwantini, Ir., MT. & Dian Indrawati, ST., MT. selaku Dosen dan tim ahli CCU bersama 3 orang mahasiswa Himpunan Teknik Sipil melakukan survei terkait ketersediaan air baku dan pengecekan kontur tanah.
Harapannya dengan berdirinya desa binaan yang diinisiasi oleh CCU bisa menjadi laboratorium bersama oleh seluruh civitas akademika unjani yang ingin melakukan pengabdian masyarakat, sehingga program yang diberikan kepada masyarakat bisa lebih komperhensif karena melibatkan banyak disiplin ilmu.
 
Sumber: Crisis Center Universitas Jenderal A. Yani
Editor: M. Ismail

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Email
Print

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tim dukungan pelanggan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
WeCreativez WhatsApp Support
PMB (WA Only)
PMB (WA Only)
Tersedia
WeCreativez WhatsApp Support
PMB (WA only)
PMB (WA only)
Tersedia