Skip to content

Fakultas Farmasi Universitas Jenderal Achmad Yani Lantik Apoteker Baru

 Universitas Jenderal A. Yani – Fakultas Farmasi Universitas Jenderal Achmad Yani kembali menyelenggarakan Pengambilan Sumpah/Janji Apoteker Angkatan XXXII, Program Studi Profesi Apoteker Universitas Jenderal Achmad Yani pada hari Selasa (4/10). Acara ini digelar di Grand Hotel Preanger, Kota Bandung, Jawa Barat dan diikuti oleh 203 peserta Angkat Sumpah.


Dalam sambutannya, Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D selaku Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani mengungkapkan kebanggaannya karena peserta Angkat Sumpah berjumlah banyak dan rata-rata kelulusan 80 persen.
“Alhamdulilah kami bisa meluluskan 203 Apoteker. Ini jumlahnya cukup besar, dan Alhamdulillah rata-rata kelulusannya 80 persen,” tutur Rektor. Beliau juga menambahkan, “Jadi ini merupakan kebanggaan bagi kami karena dari waktu ke waktu Fakultas Farmasi bisa melahirkan para Apoteker dengan kelulusan mencapai 80 persen.”


Pada kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Farmasi, Dr. apt. Fahrauk Faramayuda, S.Si., M.Sc. menyampaikan bahwa jumlah kelulusan Profesi Apoteker tahun 2022 tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya.
“Tahun sebelumnya untuk lulusan apoteker ada 210 mahasiswa dan ada penurunan sedikit. Tapi secara persentase, kelulusan tingkat nasional kami masih 80 persen untuk tahun ini,” ungkap Dr. apt. Fahrauk.
Selain itu, terdapat juga sambutan dari PP IAI yang diwakili oleh Sekjen PP IAI, apt. Lilik Yusuf Indrajaya, SE., S.Si., M.BA. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan, “Kalian disini bisa hadir karena kalian lulus dalam uji kompetensi Apoteker Indonesia.” Beliau juga menambahkan bahwa yang hadir pada Sumpah Apoteker ini berarti tandanya mereka kompeten.

Menurut Lilik juga, para Apoteker harus meningkatkan soft kompetensi yaitu leadership atau kepemimpinan. “Jadi, leadership adalah bagaimana kalian bisa memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain dalam melakukan sesuatu,” tuturnya.
Berikutnya yaitu penyampaian dari Perwakilan Konsil Kefarmasian, Dr. apt. Indra Gunawan Widjaja, S.H., S.Farm., M.H., M.M., MKM., MARS. Beliau menegaskan, bahwa setelah nanti para Apoteker bekerja dimanapun tempatnya, tetap harus kompak dan tetap membina paguyuban. Selain itu, beliau juga menekankan agar para Apoteker melakukan penelitian agar dapat terus memperbarui ilmu.
 
(M. Ismail)

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Email
Print

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tim dukungan pelanggan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
WeCreativez WhatsApp Support
PMB (WA Only)
PMB (WA Only)
Tersedia
WeCreativez WhatsApp Support
PMB (WA only)
PMB (WA only)
Tersedia