Skip to content

Fakultas Kedokteran dan Fakultas Farmasi Laksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat di Cisarua

(Universitas Jenderal A. Yani) – Pada hari Sabtu (29/10) telah dilaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat DAGUSIBU Obat Demam. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Fakultas Kedokteran dan Fakultas Farmasi Universitas Jenderal Achmad Yani yang bekerja sama dengan LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) UNJANI. Kegiatan tersebut bertempat di daerah Desa Gandrung, Kecamatan Jambudipa Cisarua dan dihadiri oleh masyarakat sekitar.


Dengan tema “Siap Bersinergi Membangun Negeri”, kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan atas dasar sedang maraknya masyarakat yang terkena demam dan isu mengenai kandungan etilen glikol pada obat demam sirup anak. Sasaran pada penyuluhan ini yaitu masyarakat sekitar terutama ibu-ibu karena berkoneksi langsung dengan anggota keluarga sehingga harapannya mereka akan memiliki edukasi lebih di dunia kesehatan khususnya mengenai demam pada anak, tata laksana demam, dan pengobatannya.
Kegiatan diawali dengan sambutan dari apt. Titta Hartyana Sutarna, S.Si., M.Sc. selaku Ketua Pelaksana. Dalam sambutannya, beliau berharap bahwa kegiatan ini dapat menambah wawasan masyarakat dan para dosen yang terlibat bisa berbagi ilmu yang bermanfaat. Beliau menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah agar masyarakat lebih memahami dan mengenali terutama dalam dunia kesehatan.
Masuk ke bagian inti acara, yaitu pemaparan materi pertama mengenai tata laksana demam pada anak yang disampaikan oleh dr. Ainun Nur Kamilah. Pada pemaparannya, beliau menyampaikan beberapa hal mengenai penatalaksanaan demam salah satunya yaitu penjelasan mengenai pengertian demam, penyebab demam, hal-hal yang perlu dilakukan ketika anak mengalami demam, cara pengobatan demam, dan tindakan kompres yang baik dan benar pada anak.


Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan mengenai DAGUSIBU obat demam dengan baik dan benar oleh apt. Titta Hartyana Sutarna, S.Si., M.Sc. DAGUSIBU adalah singkatan dari DApatkan GUnakan SImpan Buang. Tujuan dari materi DAGUSIBU ini adalah supaya masyarakat lebih teredukasi lagi mengenai bagaimana mendapatkan, menggunakan, menyimpan, dan membuang obat yang baik dan benar. Beliau juga menyampaikan bahwa berharap setelah kegiatan penyuluhan maka masyarakat yang telah hadir menjadi lebih paham mengenai tata laksana demam dan paham bahwa lebih baik mengkonsumsi obat yang didapatkan dari apotek.
Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Dilakukan pula post test dan pembagian doorprize mengenai materi tata laksana demam dan DAGUSIBU untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman masyarakat atas materi yang telah disampaikan. Kemudian kegiatan diakhiri dengan foto bersama.
 
Penulis : Annisa Nur Aisyah (Ilmu Keperawatan – 2021)

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Email
Print

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tim dukungan pelanggan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
WeCreativez WhatsApp Support
PMB (WA Only)
PMB (WA Only)
Tersedia
WeCreativez WhatsApp Support
PMB (WA only)
PMB (WA only)
Tersedia