Skip to content

Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani Laksanakan Bakti Sosial Bencana Gempa Cianjur

Universitas Jenderal A. Yani – Gempa tektonik berkekuatan Magnitudo 5,6 yang berpusat di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada hari Senin, tanggal 21 November 2022 bukan saja menimbulkan kerusakan puluhan ribu rumah dan infrastruktur lainnya juga menimbulkan korban jiwa dan luka hingga ratusan orang. Hingga Senin malam Badan Penanggulangan Bencana Alam Daerah (BPBD) Cianjur mencatat sebanyak 162 orang meninggal dunia, 326 luka, dan 13.784 mengungsi.

Kondisi bencana ini memerlukan respon cepat dari semua unsur terutama dari tim respon cepat kesehatan untuk sesegera mungkin bisa memberikan pertolongan supaya tidak terlambat dan memakan korban jiwa. Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani (FK UNJANI) merasa tergerak untuk segera membentuk tim relawan dan membuka donasi untuk penanganan korban bencana dan, dalam waktu kurang dari satu hari.
Pada H+1 bencana gempa Cianjur yaitu pada hari Selasa pagi (22/11/2022) pukul 10.00 WIB, Tim Relawan Bencana Gempa Cianjur FK Unjani yang dipimpin langsung keberangkatannya oleh Dekan FK UNJANI, Dr. Sutrisno, dr., MARS, FisQua berangkat bersama dr. Fitriadi Sejati, SpB, dr. Hindun Sa’adah, M.Biomed, dr. Glen Prakarsa, 8 orang Dokter Muda FK UNJANI Stase Bedah, dan 10 orang Mahasiswa Tahap Sarjana Kedokteran. Tim Forensik dan Departemen Forensik Medikolegal FK Unjani dipimpin oleh dr. Nurul Aida SpFM, MSc bersama Dokter Muda FK UNJANI Stase Forensik turut dalam pengidentifikasian korban meninggal dunia di kamar Jenazah RSUD Sayang, Cianjur.
Sylvia Mustika, MMed.Ed yang merupakan Wakil Dekan 3 mengatakan sesuai dengan Visi Misi Fakultas Kedokteran UNJANI dengan keunggulan bidang kedaruratan medik khususnya manajemen bencana, maka kami harus bisa lebih maju dan fast response ketika ada situasi bencana. Apalagi daerah Cianjur bisa terjangkau dari Cimahi.

Berkat bantuan dari Dinas Kesehatan Cianjur khususnya beberapa alumni FK UNJANI di Cianjur, Jabarquickrespons, dan Gubernur Jawa Barat Bapak Ridwan Kamil, berdiri Posko Kesehatan dan Persalinan FK UNJANI di Lapangan Kampung Cariu, Desa Mangunkerta, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur. Selain itu tim melakukan susur jemput bola ke pengungsian pengungsian warga di Kampung Babakan Jamaras, Desa Sarampad, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, yang masih bertahan di tenda-tenda yang dibangun secara swadaya oleh masyarakat. Tim Relawan FK UNJANI juga membantu persalinan ibu korban gempa serta merawat ibu dan bayi yang lahir di pengungsian dan diberi nama Gempita Sholihah Kamil oleh Gubernur Ridwan Kamil.

FK UNJANI kembali memberangkatkan Tim Relawan FK Unjani Batch 2  karena permintaan tenaga kesehatan sangat tinggi akibat jumlah korban dan orang sakit yang semakin meningkat akibat gempa. Tim kedua yang terdiri dari dr. Sony Ramdhani, MH.Kes, dr. Iqbal, 8 dokter baru FK UNJANI yang baru saja melaksanakan Sumpah Dokter, 11 Dokter Muda Stase Obgin. Tim relawan dilepas oleh Wadek 1 dr. Yudith Yunia, SpPD pada hari Rabu, 23 November 2022.
Pada hari Jumat, 25 November 2022 Tim Relawan FK Unjani Batch 3 dikirimkan untuk menggantikan Tim Relawan Batch 1 dan 2 yang sudah kelelahan. Tim Relawan Batch 3 terdiri dari Dokter Alumni FK UNJANI dan Dokter Muda FK UNJANI Stase THT dan Psikiatri untuk menangani penyakit ISPA yang sudah mulai banyak dan kondisi psikis korban bencana gempa Cianjur.
Donasi yang dikumpulkan berasal dari Dosen FK UNJANI, mahasiswa FK UNJANI, dan keluarga besar FK UNJANI. Dana tersebut digunakan untuk pembelian obat-obatan, alat kesehatan, bantuan langsung ke korban bencana, serta akomodasi tim relawan. Dengan adanya kegiatan kemanusiaan ini akhirnya akan dibentuk “UNJANI Medical Emergency and Disaster Response Team”, ungkap dr. Asti Kristianti, SpTHT-BKL, M.Kes yang merupakan Kaprodi Profesi Dokter dan juga koordinator tim relawan.
 
Sumber: FK UNJANI

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Email
Print

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tim dukungan pelanggan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
WeCreativez WhatsApp Support
PMB (WA Only)
PMB (WA Only)
Tersedia
WeCreativez WhatsApp Support
PMB (WA only)
PMB (WA only)
Tersedia