Skip to content

FK Universitas Jenderal A. Yani Laksanakan Asesmen Lapangan Secara Luring

Universitas Jenderal A. Yani – Dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan, FK (Fakultas Kedokteran) Universitas Jenderal A. Yani melakukan Asesmen Lapangan secara luring pada hari Selasa (12/7). Kegiatan ini dilaksanakan mulai dari tanggal 12 Juli 2022 hingga 13 Juli 2022 di Gedung Hindarto Joesman FK Universitas Jenderal A. Yani. Pada Asesmen Lapangan kali ini, terdapat 3 asesor dari LAM PTKes yaitu dr. Sonny Pamuji Laksono, M.Kes. AIFM, Prof. Dr. dr. Dedi Afandi, DFM., SpFM., Subsp. EM(K)., MM., dan Dr. dr. Nurfadly, M.KT.


Acara diawali dengan penyambutan asesor oleh Rektor Universitas Jenderal A. Yani, Dekan FK beserta para jajarannya. Selain itu, juga dimulai dengan pemberian serta pemakaian rompi hijau FK Universitas Jenderal A. Yani kepada para asesor. Masuk ke bagian inti acara dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Universitas Jenderal A. Yani, dan juga disuguhkan dengan simulasi tanggap bencana dari mahasiswa-mahasiswi FK Universitas Jenderal A. Yani. Simulasi ini bisa dilakukan berkat kerjasama antara FK Universitas Jenderal A. Yani dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).
Dalam kesempatan ini, Rektor Universitas Jenderal A. Yani, Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D menyampaikan sambutannya. Beliau mengungkapkan kepada asesor bahwa Universitas Jenderal A. Yani telah menerima mahasiswa-mahasiswa yang bagus. Selain itu, Rektor juga mengatakan kehadiran dari FK Universitas Jenderal A. Yani bagi Angkatan Darat juga penting. Menurutnya, sudah banyak para Dokter dilingkungan Angkatan Darat memiliki jenjang pendidikan yang tinggi, sangat disayangkan apabila tidak mengabdikan pengalamannya ke pihak ilmu, dan membagikannya kepada mahasiswa FK Universitas Jenderal A. Yani.


Setelah sambutan Rektor, kegiatan selanjutnya yaitu pembacaan doa oleh Dr. Lukman Munawar Fauzi, S.IP., M.Si. Lalu kemudian dilanjutkan dengan paparan oleh tim FK Universitas Jenderal A. Yani kepada para asesor di ruang Gugus Kendali Mutu (GKM). Kegiatan pada hari Selasa ditutup dengan peninjauan Gedung Rektorat di lantai 8, dan ruang Command and Data Center.
Ketiga asesor yang melaksanakan asesmen lapangan berasal dari LAM PTKes. Melansir dari lamptkes.org, Perkumpulan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) atau Indonesian Accreditation Agency for Higher Education in Health (IAAHEH) adalah lembaga akreditasi mandiri yang mulai beroperasi pada Maret 2015. Pembentukan LAM-PTKes difasilitasi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, dan Kebudayaan melalui Health Professional Education Quality Project (HPEQ Project) dari tahun 2009 sampai 2014. Landasan hukum pendirian LAM-PTKes ialah Undang-Undang Republik Indonesia No. 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Pasal 55 ayat 5 yang menyebutkan bahwa akreditasi program studi sebagai bentuk akuntabilitas publik dilakukan oleh lembaga akreditasi mandiri. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No. 44 Tahun 2015 tentang Standar Pendidikan Tinggi. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 291/P/2014 tentang Pengakuan Operasional LAM-PTKes.
Pembentukan LAM-PTKes merupakan tonggak untuk Indonesia karena pertama kalinya lembaga akreditasi mandiri didirikan dan berwenang untuk melakukan akreditasi untuk program studi di berbagai profesi kesehatan.
 
(M. Ismail)

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Email
Print

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tim dukungan pelanggan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
WeCreativez WhatsApp Support
PMB (WA Only)
PMB (WA Only)
Tersedia
WeCreativez WhatsApp Support
PMB (WA only)
PMB (WA only)
Tersedia