Skip to content

FKG Universitas Jenderal Achmad Yani Berikan Penyuluhan Kesehatan Gigi

Universitas Jenderal A. yani – Guna meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya kesehatan gigi, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Jenderal Achmad Yani melaksanakan kegiatan penyuluhan Brush Day and Night atau sikat gigi pagi dan malam. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Jumat (29/07) di dua tempat yaitu SDN Cimahi Mandiri 2 dan SDN Cimahi Mandiri 5.


Tujuan kegiatan Brush Day and Night yaitu untuk mengedukasi seluruh siswa-siswi se-Indonesia tentang kesehatan gigi. Terdapat 31 Institusi Pendidikan Dokter Gigi yang akan melakukan penyuluhan kepada 1.000 anak pada setiap wilayahnya, dan Universitas Jenderal Achmad Yani terpilih sebagai perwakilan wilayah Kota Cimahi. Kegiatan edukasi biasanya dilakukan oleh Dokter Gigi, Dokter Co-as, ataupun mahasiswa, tetapi dalam kegiatan Brush Day and Night ini dilakukan oleh 10 guru yang sudah diberikan pelatihan sebelumnya.
Kegiatan ini meliputi pemberian edukasi kepada para siswa yang dilakukan oleh guru. Pada pertengahan pemaparan materi, ditayangkan video tentang cara menggosok gigi yang baik dan benar supaya memudahkan para siswa dalam memahami materi yang telah disampaikan. Kemudian setelah selesai, para siswa diarahkan supaya berbaris untuk mendapatkan sikat beserta pasta gigi gratis.


Selain itu, dilakukan juga aplikasi topical flour atau perawatan pencegahan gigi berlubang secara gratis oleh pihak FKG yang dilakukan kepada 50 anak.
PIC Brush Day and Night Kota Cimahi, drg. Rina Putri, M.KM, beliau berharap setelah dilaksanakannya kegiatan ini, masyarakat menjadi sadar terhadap pentingnya kesehatan gigi dan mulut. Beliau juga mengatakan bahwa saat ini masih ada paradigma tentang gigi anak yang rusak lebih baik dibiarkan saja karena akan lepas  sendirinya, maka dengan adanya program ini paradigma tersebut berubah menjadi jika gigi anak sakit atau berlubang lebih baik dikonsultasikan ke dokter gigi. Kemudian, beliau juga berharap kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menyikat gigi dan memperhatikan konsumsi makanan menjadi lebih meningkat lagi.
 
Penulis: Annisa Nur Aisyah – Ilmu Keperawatan 2021
Editor: M. Ismail

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Email
Print

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tim dukungan pelanggan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
WeCreativez WhatsApp Support
PMB (WA Only)
PMB (WA Only)
Tersedia
WeCreativez WhatsApp Support
PMB (WA only)
PMB (WA only)
Tersedia