Skip to content

Mengoptimalkan Penanganan Stunting Melalui Posyandu

(Universitas Jenderal A. Yani) – Pada hari Rabu (27/9) Fakultas Kedokteran (FK) bersama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) menyelenggarakan penyuluhan di Kantor Kel. Cibeureum dengan tema Optimalisasi Penanganan Stunting Melalui Peran Posyandu. Kegiatan diawali dengan sambutan dari Wakil Rektor 3 Universitas Jenderal A. Yani, Kepala Puskesmas Cibeureum dan Lurah Cibeureum yang diwakili oleh Kasi Ekonomi, Pemberdayaan Masyarakat dan Kesejahteraan Sosial.


Ketua Pelaksana Pengabdian Masyarakat, dr. Dewi Ratih Handayani, M.Kes, beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini gabungan dari dosen Fakultas Kedokteran dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang bantu oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran. Kegiatan ini memiliki tujuan diantaranya yaitu melaksanakan Tri Dharma Peguruan Tinggi oleh dosen serta Universitas Jenderal A. Yani memiliki peran yang bermanfaat bagi masyarakat.
Selain itu, Endry Septiadi, dr., M.Kes. memberikan materi mengenai stunting pada anak, yang dimana stunting itu gangguan gizi kronis yang terjadi di 1.000 hari pertama kehidupan dimulai dari mulai ibunya mengandung sampai anaknya lahir dan berusia 2 tahun. Pencegahan stunting dapat dilakukan dengan cara pengukuran tinggi badan anak yang akurat. Dalam jangka pendek stunting akan berdampak pada kesakitan, kematian dan penurunan fungsi produksi anak, jika untuk jangka panjang berdampak juga pada tinggi badan anak, mudah terinfeksi penyakit, gangguan kecerdasan dan menganggu usia produktivitas. Stunting dapat dicegah melalui asupan gizi yang sesuai dengan makro terutama protein lalu dapat mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan selanjutnya mengubah pola makan dari anak.


Setelah itu, dr. Mami selaku kepala puskesmas Kel. Cibeureum memberi himbauan kepada kader yang harus tetap semangat untuk mendapkatkan ilmu baru dan dapat mengaplikasikan apa yang sudah diselanggarakan mengenai stunting tersebut. Beliau pun berterima kasih banyak kepada pihak Universitas Jenderal A. Yani yang sudah mendukung pada bagian wilayah dan pemerintahan serta semoga Universitas Jenderal A. Yani semakin sukses dan berjaya dan selalu menebar manfaat kepada masyarakat.
 
Penulis : Salma Fithri Khaerani (Manajemen – 2021)

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Email
Print

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tim dukungan pelanggan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
WeCreativez WhatsApp Support
PMB (WA Only)
PMB (WA Only)
Tersedia
WeCreativez WhatsApp Support
PMB (WA only)
PMB (WA only)
Tersedia