Skip to content

Penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis FK Universitas Jenderal Achmad Yani di Kab. Bandung Barat

Universitas Jenderal A. Yani – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Jenderal Achmad Yani menggelar acara Pekan Pengabdian kepada Masyarakat bagi masyarakat RW 21 Desa Tanimulya, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan ini  merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Dies Natalis Universitas Jenderal Achmad Yani ke 32 dan merupakan salah satu upaya konkrit menciptakan upaya tripartid antara perguruan tinggi, masyarakat dan pemerintah yang nyata dan berkesinambungan. Tujuannya untuk menciptakan masyarakat yang lebih sehat di Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan tersebut berlangsung pada Kamis (28/07) dan Jumat (29/07) di Posyandu Anggrek RW 21 Desa Tani Mulya, Kecamatan Ngamprah mulai pukul 08.00 WIB.
Pekan Pengabdian kepada Masyarakat ini dihadiri oleh Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani, Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D, Dekan FK, Dr. Sutrisno, dr., SH.,M.HKes., MARS., Plt. Bupati Kabupaten Bandung Barat Hengky Kurniawan serta Camat Ngamprah Agnes virganty S.Stp. M.Si. Rektor menyampaikan bahwa saat ini diperlukan kolaborasi yang sinergis antara akademisi, pemerintah dan masyarakat, bahkan kedepan kolaborasi pentahelix yang diperlukan dimana dunia industri dan media juga berperan.

Tim Pengabdian Masyarakat FK Universitas Jenderal Achmad Yani melaksanakan 2 kegiatan dalam pekan pengmas ini yaitu penyuluhan dan pemeriksaan Kesehatan gratis untuk lansia dalam 2 hari kegiatan. Pada hari Kamis (28/07) dilakukan penyuluhan mengenai stunting dengan narasumber Elly Noer Rochmah, dr., SpA. M. Kes dan moderator Desire Meria Nataliningrum, dr, SpOk, MKK. Kegiatan diawali sambutan dari Dekan FK dan beliau mengatakan stunting merupakan masalah nasional yang perlu ditindak lanjuti bersama. Melalui kegiatan penyuluhan ini diharapkan wawasan masyarakat mengenai stunting meningkat sehingga kejadian stunting di masa depan dapat teratasi, ungkap beliau.


Kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis pada lansia dilaksanakan pada hari Jumat (29/08). Pada kegiatan ini dilakukan pemeriksaan tanda vital, status gizi, pemeriksaan menyeluruh oleh dokter, pengangkatan serumen telinga, pemeriksaan screening tuli dengar dengan audiometer oleh dokter dan pemberian obat gratis, ungkap ketua pelaksana kegiatan Siska Telly Pratiwi, dr, MKes. Pada kegiatan pengabdian masyarakat ini pula dilibatkan dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa kedokteran dan co-asistant yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan serta pengalaman lebih mengenai pembelajaran diluar kelas dibawah pengawasan dr Hendri Hendri Priyadi, SpPD., M.Kes., M.Pd.Ked dan dr Asti Kristianti, Sp,THT-KL, M.Kes. Selain itu, dilibatkan juga alumni dari FK Universitas Jenderal Achmad Yani sebagai wujud pengabdian alumni terhadap masyarakat dan almamater.

Sementara itu dr Siska sebagai Ketua Pelaksana Pengmas mengatakan bahwa kegiatan ini terintegrasi dengan pengajaran dan penelitian sebagai wujud konkrit Tri Dharma Perguruan Tinggi. Penelitian dilakukan dengan pencarian data pengetahuan masyarakat mengenai mitigasi longsor sehubungan dengan kondisi Desa Tani Mulya ada di wilayah dengan potensi Gerakan tanah menengah-tinggi di Kab. Bandung Barat. Selain itu, hal ini juga menunjang kegiatan keunggulan sesuai visi misi dari Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achad Yani, ungkap Siska.
 
Sumber: FK Universitas Jenderal Achmad Yani
Editor: Ismail

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Email
Print

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tim dukungan pelanggan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
WeCreativez WhatsApp Support
PMB (WA Only)
PMB (WA Only)
Tersedia
WeCreativez WhatsApp Support
PMB (WA only)
PMB (WA only)
Tersedia