Skip to content

Sosialisasi Penatalaksanaan Avulsi Gigi Bagi Masyarakat di RSD Gunung Jati

Universitas Jenderal A. Yani – FKG-LPPM Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) dan Rumah Sakit Daerah Gunung Jati Cirebon mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (Pengmas) berupa penyuluhan mengenai Penatalaksanaan Avulsi Gigi bagi Masyarakat pada hari Senin (5/9). Kegiatan ini diadakan di ruang tunggu Poli Gigi dan dihadiri oleh sekitar 70 peserta yang teridiri dari pasien dan keluarga yang hendak melakukan pemeriksaan gigi dan mulut di Poli Gigi RSGJ.

Kegiatan pengmas ini merupakan kegiatan pertama yang dilakukan oleh FKG-LPPM Unjani di RSD Gunung Jati, yang diketuai oleh Tichvy Tammama, drg., Sp.BM bersama tim dari FKG Unjani yang terdiri dari 6 dosen dan 10 mahasiswa. Dibuka oleh Bagian Promosi Kesehatan RSD Gunung Jati, Ibu Dessy Aryanti, beliau mengharapkan kegiatan pengmas ini dapat berjalan rutin setiap tahun, mengingat manfaatnya yang cukup berarti bagi para peserta, terutama masyarakat secara umum.
Adapaun penyuluhan yang diadakan mengangkat tema mengenai Penatalaksanaan Avulsi Gigi bagi Masyarakat, mengingatkan masih banyak masyarakat yang kurang memahami mengenai penatalaksanaan yang harus dilakukan apabila mengalami gigi yang avulsi. Avulsi gigi itu sendiri merupakan lepasnya gigi dari tempatnya di mulut, umumnya akibat benturan. Inti yang disampaikan yaitu bahwa gigi yang avulsi masih dapat dipasang kembali pada tempatnya di mulut apabila kondisi memungkinkan, antara lain waktu yang segera, tulang penyangga baik, dan kondisi akar gigi sehat.

Kegiatan penyuluhan ini diawali dengan penyebaran kuesioner awal bagi para peserta, berisi 10 buah pertanyaan terkait avulsi gigi, kemudian dilanjutkan dengan pemberian penyuluhan dan tanya jawab, lalu diakhiri dengan penyebaran kuesioner akhir untuk dilihat apakah terdapat peningkatan pengetahuan dari para peserta mengenai penatalaksanaan avulsi gigi tersebut. Para peserta yang mengikuti rangkaian kegiatan penyuluhan hingga selesai diberikan penghargaan berupa goodie bag berisi alat dan bahan kesehatan seperti masker dan lain-lain.
Seluruh tim yang terlibat pada kegiatan pengmas ini mengharapkan kegiatan penyuluhan yang diadakan kali ini dapat bermanfaat dan meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam menangani kemungkinkan terjadinya avulsi gigi pada kehidupan sehari-hari.
 
(FKG Universitas Jenderal Achmad Yani)

Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram
WhatsApp
Email
Print

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tim dukungan pelanggan kami siap menjawab pertanyaan Anda. Tanya kami apa saja!
WeCreativez WhatsApp Support
PMB (WA Only)
PMB (WA Only)
Tersedia
WeCreativez WhatsApp Support
PMB (WA only)
PMB (WA only)
Tersedia